Apakah bisa Gadai BPKB mobil di Pegadaian? Kenali Jenis-jenis Gadai BPKB – Siapa saja mungkin pernah merasakan saat-saat di mana sedang berada dalam kondisi perekonomian yang sulit. Biasanya dalam keadaan sulit seperti ini, satu-satunya cara yang terpikir adalah mengajukan pinjaman agar dapat segera mendapatkan dana tunai yang bisa dipergunakan untuk keperluan tertentu. Baik itu untuk  memperbaiki kendaraan yang sedang rusak, membayar uang sekolah anak, dan membayar hal lainnya. Supaya bisa mendapatkan pinjaman tunai dengan cepat, kebanyakan masyarakat cenderung menggadaikan aset berharga seperti sertifikat rumah, surat tanah, hingga BPKB kendaraan motor atau mobil.

Aset berharga selanjutnya yang paling sering dijadikan agunan karena resiko gadai BPKB tidak sebesar jika menggadaikan jenis aset berharga lainnya. Ada dua tempat bisa Anda tuju ketika orang ingin menggadaikan BPKB, yaitu bank dan pegadaian. Maka jika ada pertanyaan apakah bisa gadai BPKB mobil di Pegadaian, jawabannya adalah bisa. Opsi Bank sering ditinggalkan orang karena prosesnya cukup rumit dan berbelit-belit sehingga lebih banyak yang memilih untuk gadai BPKB di Pegadaian.

Jika ada pertanyaan apakah bisa gadai BPKB mobil di Pegadaian, jawabannya adalah bisa

Apakah bisa Gadai BPKB mobil di Pegadaian

Gadai BPKB mobil di Pegadaian ternyata tidak hanya satu jenis produk saja. Ada empat jenis produk gadai BPKB  yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Kredit Cepat Aman

Jenis produk gadai mobil di pegadaian yang pertama adalah Kredit Cepat Aman (KCA) yang sistemnya konvensional sehingga terdapat perhitungan bunga di dalamnya. Anda bisa menggadaikan BPKB untuk mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp500 juta. Jangka waktu yang diberikan sekitar 4 bulan, tapi bisa memperpanjangnya berkali-kali alias tidak terbatas jangka waktunya.

Gadai Syariah RAHN

Sebagian ada yang bertanya apakah bisa gadai BPKB mobil di Pegadaian secara syariah? Jenis produk gadai BPKB di pegadaian yang satu ini adalah gadai syariah RAHN. Gadai ini memiliki sistem syariah sehingga sesuai dengan syariat agama Islam. Dana pinjaman yang bisa diberikan dengan menggadaikan BPKB mobil atau motor  mulai dari Rp50 ribu hingga Rp200 juta. Masa tenor yang diberikan maksimum sekitar 120 bulan (10 tahun). Jika ingin memperpanjang jangka waktu pinjamannya, maka Anda diharuskan untuk membayar ijaroh atau biaya tambahan.

Pinjam Kreasi

Jenis produk gadai mobil resmi yang satu ini dikhususkan untuk modal usaha saja. Jadi jika Anda ingin mengembangkan usaha atau memulai usaha baru, maka Anda bisa mengandalkan pinjaman ini. Dana yang bisa diberikan mulai dari Rp 1 juta hingga maksimum sampai Rp 400 juta dengan masa tenor pinjaman mulai dari 12 bulan (1 tahun) sampai 36 bulan (3 tahun) saja. Sayangnya, pinjaman ini tidak bisa cair pada hari yang sama karena Anda harus menunggu hingga 3 hari kerja agar dana bisa masuk ke dalam rekening tabungan.

Apakah bisa Gadai BPKB mobil di Pegadaian Seperti Gadai Arum ?

Terakhir ada jenis gadai BPKB di Pegadaian yang ini sama saja dengan produk pinjam kreasi karena hanya ditujukan untuk keperluan usaha. Bedanya adalah jenis ini menggunakan sistem syariah, bukan konvensional. Dana pinjaman yang dapat diberikan mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 400 juta dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan sampai 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman ini, usaha milik Anda harus sudah berjalan minimal 1 tahun.

Itulah beberapa jawaban lengkap jika ada yang bertanya apakah bisa gadai BPKB mobil di Pegadaian. Dengan penjelasan di atas diharapkan Anda tak perlu bingung lagi jika ingin menggadaikan BPKB atau gadai mobil. Semoga dapat bermanfaat.