Pengiriman hasil laut terkadang masih menemui kendala karena banyaknya perijinan serta pajak yang harus diurus. Menggunakan layanan mengurus dokumen juga kadang harus jeli dalam memilih. Kalau salah memilih jasa undername ekspor ikan, bisnis Anda justru bisa menelan kerugian.

Cara Memilih Jasa Undername Ekspor Ikan

Keberadaan jasa undername ekspor selalu menjadi pegangan utama para eksportir dalam mendistribusikan barang, utamanya ikan. Kadang semua tidak berjalan mulus karena banyak layanan serupa yang berujung penipuan. Hal seperti ini sudah diantisipasi, namun tetap saja lolos.

Tidak hanya satu atau dua perusahaan pada bidang kelautan yang harus menelan pil pahit karena salah memilih jasa undername. Pengiriman mereka pun harus tertunda lama di pelabuhan dan bandara. Untuk itu, perhatikan hal berikut sebelum Anda memesan layanannya.

  • Perhatikan Track Record Perusahaan

Sebuah perusahaan jasa undername yang mengklaim diri mereka terpercaya pastinya sudah punya track record bagus soal pengurusan dokumen ekspor. Akan jadi pertanyaan kalau ternyata tanggapan client sebelumnya malah berisi komentar buruk.

Kalau Anda akan membutuhkan layanan dari jasa sewa undername seperti itu, jangan lupa untuk selalu mengecek track record mereka. Lakukan riset sederhana dengan membandingkan tempat satu dan lainnya. Jangan gegabah mengambil keputusan dari sekali lihat.

Anda bisa melakukan pengecekan di kolom testimoni kalau perusahaan menyediakan ulasan itu di websitenya. Selain itu, periksa juga review di internet yang biasa dibahas beberapa orang. Kalau ternyata hasil kerjanya rapi dan bagus, maka jasa itu boleh jadi pilihan.

  • Pastikan Jasa Undername Terdaftar di Direktorat Jendral Bea Cukai

Meskipun negara ini kaya akan hasil laut, tapi tetap saja ada kendala pada bagian pengiriman. Apalagi kalau perusahaan tersebut menyewa jasa import door to door namun namanya bahkan tidak tercantum pada Direktorat Jendral Bea Cukai.

Hal ini merupakan sesuatu yang serius karena kalau layanan yang Anda pesan sama sekali tidak terdaftar di Direktorat Jendral Bea Cukai, maka segala macam pengiriman hanya akan tertahan di pelabuhan maupun bandara. Bahkan, barang tersebut bisa dianggap selundupan.

Sebelum memilih layanan seperti itu, sebisa mungkin Anda harus jeli perihal adanya nama pemilik jasa di Direktorat Jendral Bea Cukai. Tanyakan saja pada customer service soal legalitas ini. Bila memang semuanya sudah jelas, tidak masalah memasukannya sebagai referensi.

  • Periksa Kelengkapan Dokumen
Periksa Kelengkapan Dokumen

Selain nama yang terdaftar di Direktorat Jendral Bea Cukai, masih ada hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum memesan jasa undername ekspor, yaitu soal kelengkapan dokumen penyertanya. Jumlahnya sendiri juga banyak dengan pengurusan yang terbilang rumit.

Dokumen penyerta ekspor tersebut antara lain invoice pembelian atau penjualan, keterangan ijin, surat karantina Genco dan Non-Genco, perijinan dari Kementrian Perikanan dan Kelautan, packing berlogo SNI, MSDS (Material Safety and Data Sheet) serta legalitas usaha.

Tidak heran jika memang pembuatan berkas tersebut cukup sulit. Bila ada dokumen yang mengalami kendala atau belum dibuat, Anda bisa menggunakan jasa Customs Clearance untuk melengkapinya. Kegiatan ekspor itu pun dapat kembali lancar kalau semua legalitas sudah terlampir.

Meski terdengar sulit, namun layanan tersebut kerap jadi ujung tombak distribusi komoditas nasional. Selalu perhatikan bagaimana kelancaran pengiriman hasil laut Anda dengan menggunakan jasa undername ekspor ikan terpercaya.